3 Tips Paling Jitu Menemukan Ide Menulis Blog

Apakah Anda pernah kehabisan ide untuk menulis artikel di blog? Jika iyaa, sebenarnya hal semacam itu memang sangat wajar. Dan setiap blogger pasti pernah mengalami masa-masa dimana rasanya ide agak sulit muncul sehingga meskipun sudah ingin menulis di blog, tapi gak tahu mau menulis tentang apa. Jadinya blog pun gak update.

Parahnya, jika hal ini dibiarkan begitu saja, kebiasaan ini bisa berakibat ke penyakit yang lebih parah. Yaitu penyakit MALAS!!

Sebagai seorang blogger jika kita tidak mau sering update tulisan di blog berarti kita termasuk blogger yang kurang produktif. Sejujurnya saya pribadi pun juga masih belum termasuk blogger yang produktif. Tapi setidaknya kita harus mau dan mampu melawan situasi apapun, supaya kita tetap bisa konsisten berbagi tulisan melalui blog.

Terlalu Banyak Alasan = Membenarkan Kalau Anda Malas

Menurut saya pribadi sebenarnya gak ide untuk menulis blog itu agak-agak gak cocok jika dijadikan sebagai alasan untuk kita tidak update. Dan ada satu alasan lain yaitu sok sibuk, gak ada waktu untuk menulis. Ini juga sama, sebenarnya kurang layak dijadikan sebagai alasan untuk gak update postingan di blog.

Harusnya sih iya, karna kita sudah menjadi blogger kita harus bisa lah me-manage waktu dengan baik. Dan rasa-rasanya untuk sekedar ngetik tulisan beberapa paragraf saja pun bukannya terlalu banyak makan waktu yang lama, iyaa kan? Paling 30-60 menit juga bisa selesai.

#1 – Ide Menulis dari Status Social Media, Apa yang Anda Pikirkan?

 Kalau misalkan Anda bilang gak ada ide buat nulis, tapi Anda malah kok banyak ide untuk nyampah  seperti di status Facebook, Personal Message BBM, status Path, atau tempat-tempat update social media lainnya. Ini kan rasanya agak aneh.

Coba kalau status yang mau Anda buat di Facebook itu Anda jadikan sebagai bahan untuk nulis artikel di blog. Kan lebih enak lagi malah. Anda bisa cerita lebih panjang sepuas-puas yang Anda mau. Dan justru lebih bagus kalau Anda menulis apa yang Anda pikirkan, lewat blog Anda sendiri ketimbang nulis di social media.

#2 – Ide Menulis dari Pengalaman, Apa yang Anda Lihat dan Rasakan?

Kalau misalkan Anda masih ngerasa gak ada ide buat nulis dan Anda juga jarang update di social media, Anda bisa temukan ide dari sekeliling Anda. Dari apa yang Anda lihat hari ini dan apa yang Anda rasakan itu semua adalah ide yang bagus untuk jadi sebuah tulisan.

Misalkan pas lagi jalan-jalan keluar entah kemana, rupanya Anda melihat kejadian yang aneh. Itu bisa tuh, dijadikan bahan tulisan. Akan sangat menyenangkan dan mudah sekali, membuat tulisan berdasarkan dari pengalaman yang sudah pernah kita rasakan sendiri. Coba lah!!

Kalau bisa setiap hari Anda pikirkan saja, “Kejadian apa yang paling menarik hari ini yaa?”. Lalu, malamnya nanti Anda pasti sudah bisa mendapatkan ide baru untuk menulis di blog.

#3 –  Ide Menulis dari Pemahaman, Apa yang Sudah Anda Baca?

Atau kalau misalkan Anda masih juga belum ketemu dengan ide buat nulis, Anda bisa gunakan cara yang terakhir. Coba bacalah beberapa artikel yang Anda suka. Entah itu artikel yang ada di blog Anda sendiri, artikel dari blog yang Anda suka, atau buku-buku favorit Anda.

Setelah Anda mendapatkan sesuatu pemahaman dari apa yang Anda baca. Anda tentu bisa kan menceritakannya kembali ke dalam tulisan versi Anda sendiri? Persis seperti misal ada teman Anda yang tanya, “Eh, kamu tadi habis baca apa sih?” Yaudah Anda tinggalin ceritain aja tuh ke dalam tulisan.

Saya sangat tidak menyarankan Anda untuk men-copas tulisan orang lain. Jika memang Anda cerdas dan punya pikiran sendiri, sebaiknya Anda menulis dari apa yang Anda bisa tulis sendiri. Misalkan Anda dapat ide dari tulisan orang lain, kan Anda bisa bahas dengan gaya menulis Anda sendiri. Itu jauh lebih asyik malah.

Teknik Mendaur Ulang = Tulisan Lama Menjadi Tulisan Baru

Caranya gimana? Lakukan eksperimen dari tulisan Anda sendiri dulu!

Gini deh! Coba Anda ambil salah satu artikel blog Anda, yang sudah pernah Anda buat sebelumnya. Coba baca lagi dari awal sampai habis. Kemudian, coba Anda buat versi terbaru dari tulisan Anda yang sudah lama itu. Meskipun intinya sama, saya yakin Anda pasti masih bisa kembangkan tulisan yang sudah ada tersebut menjadi lebih enak dibaca, lebih fresh, lebih bagus dari sebelumnya.

Begitupun, jika Anda nanti mendapatkan inspirasi dari tulisan-tulisan orang lain. Silahkan Anda kembangkan dengan kreativitas yang Anda punya!!

Gimaan mudah kan?

Okeh mulai sekarang, jika Anda tidak bisa update blog Anda harus usahakan untuk cari alasan lain yang lebih cerdas lagi yaa. Jangan bilang kalau Anda lagi sibuk, gak ada waktu lah atau gak ide buat nulis. Kalau Anda niat harusnya itu semua masih bisa teratasi kok. Seperti yang saya ceritakan diatas. Siiip??

Selamat Menulis!! Sampai Jumpa.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *