Idea-Conceptualization

3 Pola Dasar Untuk Mencapai Tujuan Ngeblog

Seperti yang kita tahu bahwa salah satu hal yang paling utama dari kegiatan blogger pastinya adalah KONTEN. Atau artikel blog post itu sendiri. Iyaah begitulah. Pada hakikatnya yang namanya blog sudah pasti harus memiliki konten yang bisa dibaca oleh pengunjung. Maka bisa dikatakan juga bahwa blog itu adalah kumpulan tulisan-tulisan yang dimuat pada media blogging tertentu dan bisa dibaca oleh siapapun dan dimanapun secara online.

Namun, sayangnya tidak semua yang terjun di dunia blog punya pemikiran yang sama. Sudah pasti setiap orang punya alasannya masing-masing saat ia berpikir untuk membuat sebuah blog. Dan setiap orang juga pastinya punya tujuan masing-masing yang berbeda pula.

  • Ada yang karna hanya ingin curhat
  • Ada yang karna hanya ingin belajar menulis
  • Ada yang karna ingin menjadi seorang jurnalis
  • Ada yang karna ingin berbagi wawasan pelajaran
  • Ada yang karna ingin berbagi pengalaman di bidang tertentu
  • Ada yang karna ingin mengejar pendapatan secara online.

Atau mungkin masih ada lagi yang lainnya yang saya gak tahu.

Lalu apa yang ingin saya sampaikan lewat tulisan ini sebenarnya?

Bagaimana Cara Cepat Mencapai Tujuan Ngeblog?

Jadi, setelah seorang blogger memikirkan gimana caranya supaya blog yang ia punya bisa memiliki konten yang bagus. Maka selanjutnya yang nanti pasti akan dipikirkan pula adalah gimana caranya supaya blog tersebut bisa ada pengunjung. Iyaa kan?

Kecuali jika memang Anda buat blog, tapi tidak pengen ada satu orang pun yang tahu apa yang Anda tulis di blog tersebut. Jika begitu, iyaa wajar kalau Anda bilang Anda tidak butuh pengunjung. Tapi saya yakin setiap orang yang punya blog, sudah pasti pengen sekali blognya banyak yang baca. Pasti pengen kan blog kalian dapat banyak pengunjung? Iyaa pasti.

Sebab itu saya pikir pola setiap blogger itu pada dasarnya tetap saja sama. Apapun yang menjadi alasan dan tujuan Anda ngeblog, maka nantinya Anda juga akan melewati 3 (tiga) pola dasar berikut :

  1. KONTEN, ada tulisan yang dimuat di blog
  2. TRAFIK, ada pengunjung yang mau baca tulisan di blog
  3. KONVERSI, ada hasil yang bisa dicapai dari pengunjung tersebut

Untuk point pertama dan kedua, saya yakin Anda sudah paham. Nah, untuk konversi ini maksudnya adalah sebanyak apapun pengunjung yang datang ke blog Anda tapi jika tidak memiliki nilai konversi yang baik maka itu sama saja blog Anda tidak ada gunanya. Bisa-bisa blog Anda hanya menjadi SAMPAH di dunia maya.

Perbaiki Nilai Konversi Blog Anda!

Indikator konversi yang baik itu seperti misal :

  • Dapat banyak follower/subscriber dari trafik blog
  • Banyak orang yang suka (like / share)
  • Banyak yang mau berkomentar
  • Banyak yang mau download
  • Banyak dapat tawaran jasa
  • Banyak yang mau beli produk
  • Banyak yang mau klik iklan

Kira-kira iyaa seperti itu. Jika Anda sudah melihat beberapa indikator tersebut, bisa dikatakan kalau blog Anda punya nilai konversi yang bagus dari pengunjung yang Anda dapat di blog Anda tersebut. Misalkan trafik Anda ada 1000 pengunjung per hari, dan bisa dapatkan 10 subscriber per hari. Berarti nilai konversi blog Anda sudah 1% atau 0,01. Atau mungkin dari 3000 pengunjung per hari, Anda bisa dapat $10 di hari itu. Maka nilai konversi blog Anda baru mencapai 0,3%.

Walaupun memang sih kita gak terlalu perlu menghitung-hitung seperti itu. Tapi setidaknya sekarang Anda harus paham bahwa ketika Anda punya tujuan tertentu yang ingin Anda capai dari blog Anda, sebaiknya ukur nilai konversi dari blog Anda saat ini. Sudah bisa tidak mencapai goal Anda? Kalau belum apa yang perlu Anda perbaiki atau mungkin perlu ditingkatkan lagi?

Cara Mendapat Penghasilan Dollar dari Blog?

Semisal, Anda punya impian untuk bisa mendapatkan penghasilan $3000 / bulan dari ngeblog. Anda sudah daftar di Google Adsense dengan sangat semangat sekali. Tapi setelah beberapa bulan Anda tidak juga bisa mendapatkan penghasilan seperti yang Anda impikan. Gak usahkan 3000, bahkan 1 dollar pun belum nyampe juga. Kemudian Anda kesal… dan menyerah!!

Padahal iyaa jika Anda sedikit lebih jeli, Anda bisa cari tahu kan kenapa Anda tidak bisa mencapai goal itu tadi. Entah mungkin nilai konversi blog Anda masih kecil. Entah mungkin trafik Anda masih sedikit. Entah mungkin konten Anda yang tidak menarik. Dan masih banyak kemungkinan lainnya yang bisa saja harus Anda perbaiki lagi.

Seharusnya itu semua bisa diukur asal kita tahu caranya.

Dan satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa ketiga pola dasar diatas sudah pasti saling berhubungan satu dengan yang lain. Maka mulai sekarang Anda harus pikirkan baik-baik strategi apa yang akan Anda gunakan untuk mencapai goal Anda!!

Selamat Ngeblog, kawan-kawan!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *