Pindah Dari Blogspot ke WordPress, Supaya Apa?

Sebenarnya kemarin saya sudah buatkan tulisan seperti ini di blog utama saya Chaidir.Web.ID. Tapi saya rasa juga perlu buatkan pemberitahuan lewat blog Curhat saya satu ini. Karna mungkin saja ada beberapa sahabat blogger yang dulunya sering mampir, bisa jadi tahu. Kan di blogspot sendiri ada fitur Follower kan? Jadi, untuk yang kemarin sudah jadi pengikut blog Chaidir.Web.ID, sekarang kalian hanya akan dapat update post terbaru dari subdomain Curhat saya ini.

Kenapa kok gitu?

Seperti yang udah sedikit saya ceritakan di tulisan chaidir.web.id pindah dari blogspot ke wordpress. Anda bisa cari tahu disitu alasannya. Yang jelas akun blogspot yang biasa saya pakek untuk custom domain Chaidir.Web.id sudah saya pindahkan jadi untuk custom domain alamat curhat.chaidir.web.id.

Kalau Anda tanya kenapa mesti pindah, apa karna ada yang salah dengan blogspot?

Sebenarnya gak ada yang salah dengan blogspot. Cuman lagi saya merasa kalau wordpress self hosting itu lebih baik digunakan kalau untuk membangun website yang lebih profesional. Meskipun memang sih situs saya masih tergolong blog personal. Tapi tetap saja saya pengen nantinya bisa menjadi yang lebih profesional.

Jadi, kebetulan kemarin saya ada rencana sesuatu untuk bangun situs lain. Dan saya butuh layanan hosting, karna saya mau buat dengan menggunakan WordPress. Karna itu saya jadi kepikiran untuk memindahkan blog personal saya ini sekalian ke hosting yang baru saya beli akhir Desember 2014 kemarin.

Sekedar untuk Anda tahu, bahwa satu Web Hosting berbayar itu bisa kita pakai untuk beberapa domain web sekaligus. Sebenarnya gak harus banyak-banyak, kalau yang Anda pakai Shared Hosting dengan paket yang rendah. Takutnya nanti malah down kalau nampung trafik yang sudah tinggi. Kecuali Anda pakai hosting yang lebih mahal. Mungkin saja masih bisa tahan untuk nampung banyak situs sekaligus. Intinya harus disesuaikan lah.

pindah dari blogspot ke wordpress org

Apa kelebihan yang saya peroleh setelah pindah menggunakan WordPress Self Hosting?

Ada beberapa kelebihan. Tapi yang jelas biaya untuk ngeblog saya jadi nambah. Oke yang ini gak usah dibahas. Saya rasa itu memang sudah jadi bagian wajib untuk yang serius mau pakai hosting sendiri.

Pada intinya saat menggunakan WordPress dengan hosting sendiri, Anda bisa melakukan apapun yang Anda mau. Terserah Anda mau bikin fitur apa untuk situs Anda.

  • Mau dibikin jadi toko onlinenya bisa!
  • Mau dibikin jadi ada forumnya bisa!
  • Mau dibikin jadi situs membership bisa!
  • Mau ditambahin fitur ini itu, pakai plugin bisa!
  • Iyaa bebas, selagi hosting Anda kuat.

Jika Anda tahu bahwa sejujurnya blogger masih punya beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan wordpress (.org). Walaupun begitu blogger masih lebih mudah digunakan untuk sekedar nulis di blog saja. Bukan berarti blogger jelek. Saya tetap suka pakai blogger. Cuman iyaa itu fiturnya bergantung dari apa yang sudah ada saja.

Apa ada yang berubah dengan situs chaidir.web.id yang sekarang?

Dari segi konten masih sama. Kedepan mudah-mudahan saya bisa lebih sering bahas tutorial atau informasi seputar blog, website, wordpress, CSS, HTML, template dan semacamnya disana.

Dari segi tampilan juga masih sama. Untungnya kemarin saya sudah pernah buat theme wordpress yang pesis seperti tampilan template blogger yang terakhir kali saya pakai. Jadi gak ada perubahan kok.

Dari segi permalink ini yang beda. Kabar baiknya sekarang situs utama saya sudah pakai HTTPS. Meskipun masih menggunakan Flexible SSL yang gratisan. Tapi sudah cukup lumayan. Anda tahu gak kalau Google saat ini lebih suka dengan situs yang mendepankan segi keamanan di Internet kepada pengunjungnya. Indikasinya iyaa dari url HTTPS ini.

Kalau Anda perhatikan untuk pengguna WordPress.com saja, saat ini otomatis sudah menggunakan HTTPS untuk setiap subdomain-nya. Seperti misal salah satu blog abal-abal saya dulu cehaprecious.wordpress.com.

chaidir web id menggunakan flexible ssl https

Apakah pengguna blogspot juga bisa dipasang SSL seperti ini?

Untuk sekarang tidak bisa. Gak tahu apa nanti Google juga kepikiran untuk memberikan fitur SSL gratis untuk setiap pengguna subdomain blogspot.com seperti layaknya yang dilakukan oleh wordpress.

Sebenarnya Anda bisa pasang SSL gratis dari Cloudflare seperti yang saya lakukan, meskipun Anda pengguna blogspot. Tapi dengan catatan Anda pengguna blogspot custom domain. Jadi, Anda hanya perlu mengarahkan nameserver domain Anda menuju servernya Cloudlfare. Cukup mudah!

Setelah pindah ke wordpress chaidir.web.id apa gak kehilangan trafik?

Seperti kemarin saya ada sedikit jelaskan tentang perbedaan antara permalink blogspot dengan wordpress, jadi setelah pindah ke wordpress saya hampir saja kehilangan trafik. Itu karna saya merubah struktur permalink URL chaidir.web.id menjadi format PostName.

Kalau sebelumnya misal yang dari blogspot kan begini :
http://www.chaidir.web.id/2013/11/modifikasi-tampilan-windows-8.html

Menurut saya format link yang begitu jelek. Hehehe.. Jadinya setelah menggunakan wordpress saya bisa ubah format link tersebut menjadi :
https://chaidir.web.id/modifikasi-tampilan-windows-8/

Lebih simpel! Pun juga bisa lebih mudah diingat kalau misal saya perlu menyebut salah satu link dari website saya ke orang lain.

Supaya trafik dan backlink saya sebelumnya gak hilang atau jadi error 404, maka saya gunakan plugin redirection. Sehingga secara otomatis setiap link yang bentuknya seperti milik blogspot diatas akan berubah menjadi format link yang baru. Ini namanya redirect 301. Blogspot juga ada fitur seperti ini, cuman lagi repot karna kita harus atur satu per satu. Di wordpress kita bisa gunakan fungsi regex untuk me-redirect banyak link sekaligus jika formatnya sama.

Trafik situs chaidir.web.id setelah pindah dari blogspot ke wordpress
Trafik situs chaidir.web.id setelah pindah dari blogspot ke wordpress

Okelah, saya rasa sudah cukup. Saya gak tahu apa ini ada manfaatnya apa gak untuk Anda.Tapi saya rasa Anda jadi dapat wawasan seputar dunia blog dan website dari tulisan saya ini. Mudah-mudahan dari pengalaman saya Anda juga bisa belajar sesuatu.

Dan karna saya sudah menggunakan wordpress untuk situs saya chaidir.web.id, maka nanti saya akan banyak share tutorial WordPress disana. Jadi untuk Anda yang pengen dapat update terbaru dari situs saya silahkan subscribe saja via email lewat form dibawah tulisan ini.

Sampai jumpa!

10 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *