Jadilah Bos Yang Bersahabat Dengan Karyawan

Pernah tidak Anda ketemu dengan karyawan sebuah perusahaan atau mungkin sales sebuah toko. Katakanlah Anda sedang ingin membeli suatu produk disana. Lalu Anda biasanya akan berhadapan dengan karyawan mereka, iya kan? Apakah Anda pernah berhadapan dengan karyawan yang tidak menyenangkan? Yang kalau ngomong kayak gak ikhlas dan cuek dengan pelanggannya.

Saya sih pernah. Dan rasa-rasanya sangat tidak menyenangkan jika ketemu orang yang jualan tapi cuek seperti itu dengan para konsumennya. Kalau jawab pun seadanya saja, bahkan dengan nada datar seolah-olah sedang gak mood melayani kita-kita ini yang mau beli. Atau mungkin mereka sudah punya banyak pembeli kali yaa? Atau mungkin mereka seolah-olah nganggap saya yang mau beli ini gak punya banyak uang untuk bayarin produk mereka yang mahal.

Entahlah. Apapun sebab dan alasannya, itu bukan lah suatu hal yang pantas. Pasalnya sedang diposisi sebagai seorang penjual. Harusnya kan sebagai penjual tugas Anda adalah memberikan service pelayanan terbaik untuk setiap orang yang mau jadi pembeli. Sekalipun dia belum tentu mau beli, paling tidak sudah jadi calon pembeli. Iyaa tetap harus dilayani dengan sungguh-sungguh dan menyenangkan.

Saya jadi kepikiran, rasa-rasanya kalau lah itu orang diposisi boss atau pemilik usaha tersebut saya tidak yakin dia akan berperilaku sama. Saya menduga mereka bersikap seperti itu karna mereka tidak punya rasa memiliki. Lah, kan posisinya cuman sebagai pekerja atau karyawan. Bodoh amat deh dengan kalian. Mau beli yaa silahkan. Gak beli juga, gue tetap dapat gaji. Barangkali mereka berpikir seperti itu.

Bos Pasti Tahu Rasanya Jualan Gak Laku

Saya yakin setiap bussiness owner mengerti bagaimana rasanya susah kalau cari pembeli. Bagaimana kalau rasanya punya dagangan tapi gak laku-laku. Bagaimana rasanya kalau sudah buka usaha tapi malah bangkrut. Setiap orang yang berposisi sebagai pemilik usaha pasti pengen usahanya maju. Dan dia ngerti bahwa usahanya gak akan pernah maju tanpa kehadiran konsumen dan pelanggan setia.

Untuk bisa dapat konsumen yang banyak, tentu setiap pengusaha akan berupaya dengan segala cara untuk bisa memberikan produk dan layanan terbaik mereka. Agar orang suka dan agar orang mau beli. Saat banyak pembeli pengusaha pasti senang. Dan saat gak ada pembeli pengusaha pasti pusing.

Jadi, iyaa begitulah. Mungkin orang-orang yang bekerja dengan pengusaha gak tahu hal-hal semacam itu. Jadinya mereka bertindak semau mereka. Yang penting kerja dan digaji. Yang penting jalani tugas sebagai karyawan.

Lantas kenapa mereka bisa cuek seperti itu?

Semua Karyawan adalah Asset Terbaik Perusahaan

Salah satu alasan yang menurut saya masuk akal adalah karna pengusahanya gak peduli dengan mereka. Iyaa! Kalau lah si bos mau sedikit peduli dan membuat mereka merasa memiliki usaha itu sama-sama, pasti lain ceritanya. Maksudnya begini, setiap orang pasti gak suka disuruh-suruh iyaa kan? Setiap orang pasti gak pengen diremehkan. Setiap orang pasti gak suka berada di posisi bawah. Begitu lah yang dirasakan oleh setiap karyawan tadi.

Tugas seorang bos adalah membuat mereka merasa nyaman saat bekerja. Kalau bisa sampai mereka pun juga merasa posisinya berharga. Seolah-olah dengan adanya meraka perusahaan bisa lebih baik. Jadinya perusahaan butuh pelayanan dan usaha yang bagus dari semuanya. Bukan hanya dari si pemilik usahanya saja. Semua harus ikut berkontribusi dengan sebaik mungkin.

Akan sangat menyenangkan jika bekerja dengan bos yang bersahabat.

Membuat suasana kerja yang terasa hangat seperti milik bersama. Tidak ada kesan saya bos dan kamu harus kerja yang bagus untuk saya. Harusnya mindset seorang bos harus bisa memberikan pengertian kepada pekerjanya.

Karna kalian sudah mau bantu saya, maka saya harus bisa membuat kalian agar berhasil.

Kalau begitu pasti lebih enak kan? Saya yakin Anda yang disuruh kerja pun merasa itu bukan sebagai beban. Tapi malah justru merasa itu sebagai tantangan. Jadinya Anda pun mau secara sukarela memberikan pelayanan terbaik yang Anda bisa.

Bos Menyenangkan, Karyawan Senang, Pelanggan pun Datang

Jadi, kalau Anda mau jadi bos janganlah jadi bos yang sombong dan tidak peduli dengan karywan-karyawan Anda. Sikap seperti itu malah bisa-bisa membuat orang tertekan dan gak ikhlas kerja dengan Anda. Salah dikit kenak marah si bos. Gak salah juga si bos marah-marah. Bikin bete!! -__-

Dan Anda pun sebagai karyawan juga harus bisa memposisikan diri dengan sebaik mungkin. Coba bayangkan seolah-olah Anda bekerja di perusahaan yang Anda miliki. Kalau Anda bersikap gak baik kepada pelanggan, bisa-bisa perusahaan Anda tidak akan disukai orang-orang.

Percaya atau tidak, saat kita berani berpikir BESAR bukan tidak mungkin suatu saat kita bisa beneran jadi BESAR!!

Kesimpulan :
Pemilik usaha harus bisa membuat suasana yang membangun bagi setiap karyawannya. Karyawan pun juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik untuk setiap pelanggannya. Sebagai pelanggan, jadilah pembeli yang baik. Hingga akhirnya si bos senang, karyawan senang dan pelanggan pun senang.

Sekian sedikit sharing hari ini, semoga bermanfaat!!
Jangan lupa untuk subscribe situs ini yaa, kalian bisa masukkan email lewat kotak form yang ada di bawah tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *