Libur Kuliah Gak Harus Banyak Liburan Jalan-Jalan

Sekarang ini kebetulan lagi musim libur akhir tahun yaa kayaknya. Anak-anak sekolahan dan kuliahan biasanya sudah pada mulai libur sejak sebelum peringatan Natal kemarin, sekaligus juga untuk menyambut Tahun Baru. Saya sih gak begitu peduli dengan dua peringatan tersebut. Yang lebih penting bagi saya justru hari liburnya saja. Hehehe..

Harus saya akui, kalau saya juga sangat bosan dengan aktivitas kuliah yang begitu-begitu terus. Sedikit-sedikit dengerin kuliah dosen, pulangnya bawa tugas. Besoknya harus udah siapin tugas. Malamnya terkadang sering begadang buat ngerjain tugas (yang udah kepepet deadline karna malas). Iyaah, begitulah. Sebenarnya kalau saya mahasiswa rajin pasti gak begini ceritanya. #ketahuanmalas

Kalau mahasiswa yang seharusnya beneran niat kuliah sih gak mungkin begitu. Pastinya dia memang udah prepare semuanya dengan baik. Gak ada cerita malas ngerjain tugas. Gak ada cerita malas dengerin cakap-cakap dosen di kelas. Gak ada cerita untuk gak nyatat apa yang ada di papan tulis. Gak ada cerita datang terlambat. Dan bahkan gitu ujian dapat nilai B, bisa-bisa ngerasa kesalnya minta ampun. Padahal mungkin cuman karna silap sesuatu hal.

Kalau saya jujur gak sebegitu-begitu nya kali. Cukup standard lah. Tapi gak bisa dibilang sepele juga. Gitu saatnya harus serius, iyaa saya serius. Cuman iyaa entah kenapa rasa antusiasnya gak sebegitu maksimal. Bisa jadi karna saya punya minat di bidang yang lain dari mata kuliah saya saat ini.

Oke baiklah, apa hubungan cerita saya ini dengan judul diatas?

Sayangnya saya yakin cuman hanya sedikit pelajar yang serius beneran niat di sekolah atau kuliahnya. Seperti yang saya ceritakan itu. Saya lebih percaya kalau kebanyakan (mungkin 70%) lebih senang gitu denger kata LIBURAN. Bener gak?

Gitu udah libur rasanya seneng bukan main. Dan gitu nanti udah masuk kembali, rasanya berubah lagi seperti semula.

Libur Kuliah Sebagai Lampiasan Hiburan Sesaat

Dan lebih disayangkan lagi, bahwa gak banyak diantara kita yang bisa bener-bener memanfaatkan momentum liburan — yang cuman sesaat — itu dengan maksimal.

  • Ada lah yang bingung mau jalan-jalan kemana
  • Ada lah yang keluyuran terus entah kemana-mana aja
  • Ada lah yang bosan karna di rumah terus
  • Ada lah yang cuman bikin status gak jelas di sosial media
  • Dan macam-macam

Aneh kan?
Gitu dikasih libur malah bingung. Gitu pas dikasih rutinitas malah malas.

Saya pribadi bukan orang yang terlalu hobi jalan-jalan. Entah mungkin karna memang saya ini anak rumahan kali ya. Saya justru merasa lebih betah kalau harus di rumah, ketimbang nongkrong-nongkrong gak jelas di luar rumah. Oke lah sesekali memang keluar rumah itu perlu juga. Tapi saya pengen kalau pas liburan yaa memang untuk refreshing. Dan kalau pun bisa cuman sehari atau dua hari, rasanya itu udah cukup kok.

Selebihnya mau ngapain?
Saya lebih suka mengisi liburan dengan belajar hal yang baru.

Jadi, seperti cerita saya diawal kalau saya itu gak sebegitu antusiasnya dengan bidang yang sedang saya pelajari di kuliahan. Tapi bukan berarti lantas saya termasuk mahasiswa yang dibawah rata-rata yaa. Justru malah saya selalu menjadi juara 1 di kelas dengan IPK diatas 3,4 sekian gitu lah. (agak sombong gak papah kan yaa?) Heheh..

Perlu kalian tahu juga, belajar di jurusan Teknik itu dapatin nilai pas-pasan juga udah syukur. Karna emang gak segampang dapatin nilai bagus di jurusan Akutansi. Serius! Dosennya rada-rada celit dan banyak yang gila-gila semua. -__-

Dan iyaa, sejujurnya saya ngerasa ada bidang lain yang sangat pengen saya pelajari. Dulu sempat juga terpikir kalau saya pengen ninggalin kuliah. Tapi akhirnya saya putuskan untuk tetap lanjut kuliah. Karna toh saya bisa kuliah juga karna ada biaya dari Bidikmisi. Sangat tidak bersyukur sekali saya kalau tiba-tiba out begitu saja. Macam gak ada rasa terima kasih udah bisa kuliah GRATIS. -__-

Jadinya mau gak mau saya harus bisa belajar hal lain di waktu luar jam kuliah. Enggak enak sih memang setengah-setengah. Tapi iyaa saya rasa saya masih punya waktu nanti. Insya Allah, setelah wisuda tahun 2015 nanti saya akan all out terjun di bidang yang saya memang pengen pelajari. Jika itu adalah passion saya maka saya akan kejar dan kembangkan semaksimal mungkin.

Makanya, pas liburan-liburan begini saya malah asyik dengan bidang yang saya suka. Dua minggu libur ini justru banyak saya habiskan untuk menyusun planning di tahun depan. Saya jadi bisa banyak belajar. Kalau pas kuliah cuman bisa beberapa jam dalam sehari. Kalau liburan gini bisa nonstop 24 jam. Hehehe. Gak deh. Masak iyaa saya gak tidur satu harian.

liburan-gak-harus-jalan-jalan

Kesimpulan

Saya cuman pengen menyampaikan sedikit pandangan kepada Sahabat. Khususnya yang masih berstatus sebagai pelajar. Kenapa kalau pas liburan kalian malah cuman pengen menghabiskan waktu dengan hal yang manfaatnya mungkin belum tentu positif bagi diri kita. Bahayanya kadang malah kita gak sadar udah buang-buang waktu di masa liburan dengan hal yang gak penting.

Ingat! 
Waktu itu memang sangat berharga.
Pertanyaannya sekarang seberapa berharga waktu yang kamu punya?
Sudah kah kamu benar-benar mempersiapkan hari ini untuk hari esok yang lebih baik?

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *