Rahasia Cara Cepat Menulis Blog

Bagi setiap blogger bisa menghasilkan konten artikel blog secara rutin adalah merupakan suatu kegiatan yang semestinya memang harus dibiasakan. Banyak memang blogger-blogger yang malas menulis artikel, sehingga terkadang mengambil jalan pintas yaitu dengan menulis blog copas. Padahal sebenarnya menulis sebuah artikel blog itu tidak begitu sulit.

Kalau memang Anda merasa menulis artikel itu sulit, itu sebenarnya karna Anda masih malas berpikir. Sebab jika kita mau berpikir mencari ide, apa saja bisa kita jadikan sebagai bahan untuk materi artikel yang mau kita buat. Tugas kita hanya menceritakan sesuatu lewat tulisan.

Nah, jadi sebenarnya memang menulis itu sangat mudah. Jika kita bisa bercerita menggunakan lisan atau berbicara kepada teman itu berarti seharusnya kita juga bisa menceritakan sesuatu lewat tulisan. Karna prinsipnya kan sama. Sama-sama ingin menyampaikan suatu informasi atau pesan.

Ketika kita berbicara kenapa kita bisa lancar? Maka ketika kita menulis upayakan lah agar bisa selancar saat kita berbicara. Jadinya kita menulis seolah-olah sedang berbicara di depan layar monitor. Iyaa karna kan sebagai blogger kita pastinya menulis bukan di atas kertas. Melainkan dengan menggunakan komputer, laptop atau mungkin gadget.

Teknik Rahasia Lancar Menulis Blog

Beberapa teknik rahasia agar kita bisa cepat menulis sebuah artikel blog diantaranya :

  1. Cari informasi apapun yang kita bisa
    Jika kita memang memiliki suatu keahlian, pengetahuan, atau informasi tertentu yang bisa disampaikan maka buatlah itu sebagai ide tulisan. Tapi sekiranya kita tidak memiliki ide sama sekali, gunakan saja ide yang spontan. Lihat dan rasakan apa yang sedang kita bisa sampaikan saat ini juga. Ada kan?
  2. Pikirkan garis besar inti cerita
    Setelah kita tahu ide apa yang mau disampaikan lewat tulisan, selanjutnya pikirkan sejenak garis-garis besar cerita yang mau kita buat. Persis seperti kita ingin pergi ke suatu tujuan, kita perlu tahu dulu jalan mana saja yang akan kita lalui. Jadi iyaa menulis juga seperti itu. Dengan begini tulisan kita tidak melebar jauh kemana-mana. Usahakan lah untuk tetap fokus!
  3. Menulis seperti berbicara langsung
    Tulisan enak dibaca karna memiliki gaya bahasa yang mudah dipahami. Tidak kaku, amburadul dan sulit untuk dibaca. Intinya kalau kita bisa menulis seperti berbicara sudah pasti hasilnya akan lebih mudah untuk dipahami. Modal dasarnya adalah kita harus bisa mengetik dngan 10 jari. Kalau bisa kita tidak lagi melihat keyboard saat menulis. Apa yang kita katakan di dalam hati itu lah yang kita tulis. Bagaimana bisa?
  4. Editing hanya setelah tulisan selesai
    Kebiasaan penulis pemula adalah keseringan melakukan editing saat sedang menulis. Kalau cuman beberapa kata yang salah ketik mungkin gak terlalu masalah. Tapi yang perlu dihindari adalah saat kita sudah menulis separuh tulisan, kemudian karna buntu kita malah membaca ulang artikel dari awal. Lalu entah kenapa pengen merubah ceritanya. Lebih baik biarkan saja dulu tulisan kita selesai baru nanti diperbaiki. Coba percaya diri deh!!
  5. Setiap tulisan pasti bermakna
    Terkadang kita agak merasa minder dengan tulisan yang mungkin idenya terasa kurang bagus. Yang seperti ini hanya akan membuat kita jadi lambat untuk berkembang. Seharusnya iya biarkan saja dulu. Toh nanti berikutnya kita bisa evaluasi tulisan yang sudah pernah kita publish. Jadi besok usahakan lah buat tulisan yang lebih bagus dan bermanfaat. Yang hari ini biarkan saja. Kalau kita terus memperbaiki diri, lama-lama pasti akan berkembang juga kan?

rahasia-cara-cepat-menulis-blog

Jadi, sekarang gimana?
Masih ada alasan untuk malas-malasan menulis artikel di blog?

Saya rasa dengan 5 teknik rahasia diatas, bisa lebih memudahkan kita untuk menghasilkan sebuah artikel di blog dengan lebih cepat. Tapi yang perlu diingat, kita harus rajin-rajin berlatih. Karna gak mungkin kan kita langsung bisa jadi ahli menulis dalam sekejap. Tentu butuh proses.

Kalau memang Anda serius ingin menjadi penulis blog, saya ingin tantang Anda semua. Atau yaa minimal kita menantang diri masing-masing deh. Seperti saya, saat ini juga sedang belajar agar bisa konsisten menghasilkan artikel-artikel terbaru di blog ini SETIAP HARI. Jadi saya sudah menetapkan sebuah komitmen, bahwa apapun ceritanya setiap hari saya harus bisa menulis.

Seperti sekarang ini, saya sedang menguji kemampuan menulis saya dengan ide SPONTAN! Dan saya juga sembari mengukur berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk menyelesaikan satu buah artikel semacam ini. Dan berikut hasil hitungan waktu saya menulis sampai dengan paragraf ini :

teknik-cepat-menulis-blog

Iyaa kurang lebih setengah jam lah. Lumayan kan?

Bagaimana dengan kalian?

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *