Overload! Setiap Hari Tugas Kampus Membuat Saya Gerah

Hampir setiap hari selalu aja ada tugas dari kampus. Semenjak masuk tingkat akhir semester 5, mata kuliah yang dipelajari memang bukan lagi yang main-main. Rata-rata memang merupakan sudah bagian dari mata kuliah khusus yang wajib dikuasai. Apalagi materinya kebanyakan melanjut dari mata kuliah semester yang sebelumnya. Berasa otak ini seolah-olah dipaksa untuk selalu siap rewind dan forward.

“Ini kan udah dipelajari nih! Pelajaran semester 3 kemarin. Masak kalian gak bisa.”

Kemudian dosen itu keluar ninggalin kelas. Yang dia tinggalin hanya tugas yang harus bisa diselesaikan. Apapun ceritanya gak pakek banyak alasan. Padahal gak semua mahasiswa otaknya bisa memutar ulang otomatis segala materi yang udah dipelajari sebelumnya. Bagi yang kasetnya udah berat, kan susah.

Dalam seminggu kayaknya hampir setiap hari udah selalu ketemu dengan mata kuliah yang lumayan berat. Maunya ada kek mata kuliah yang ringan dalam satu hari gitu. Ini gak ada. Memang sebernanya satu mata kuliah ngasih deadline tugas dalam waktu seminggu. Tapi kalau ada enam mata kuliah lainnya yang juga ngasih tugas. Kan sama aja bohong. Kita cuman punya waktu sehari untuk ngerjain tuh tugas. -_______-“

Kalau kita bilang, gak siap tugas karna ada tugas lain. Mana ada dosen yang mau terima alasan kayak begini. Pasti mereka bilang, “Ini kan tugas udah seminggu. Harusnya kamu kerjain dari kemarin-kemarin!”

Dia gak tahu awak udah cengap-cengap ngerjain tugasnya. Dikiranya dalam seminggu cuman mata kuliahnya aja yang mau dipelajari.

Cuman Punya Hari Minggu Untuk Istirahat

Seperti kemarin-kemarin di semester sebelumnya. Hari-hari tertentu masih ada ketemu dengan mata kuliah umum, seperti B. Inggris, PKN, Fisika dll. Yang begini modelnya kan gak begitu menguras otak. Bahkan terkadang dosen-dosennya pun pengertian, sering gak masuk. Wiiiih… lumayan kan bisa istirahat sejenak nih otak. Heheh..

Kalau sekarang? Memang jumlah mata kuliahnya makin dikit. Tapi durasi per mata kuliahnya makin lama. Dan materinya juga gak bisa dinikmatin dengan santai lagi. Kalau cuman satu pelajaran mending. Ini ada beberapa pelajaran berbeda yang sekaligus harus dipelajari. Bentar-bentar otak dioper kemari. Bentar-bentar otak ketinggalan disana. Bentar-bentar otaknya pun jadi overload.

setiap-hari-tugas-kampus-membuat-saya-gerah

Mungkin bisa dibilang saya ini memang MALAS. Jadinya agak gak suka dengan situasi yang merepotkan begini. Terkadang saya lebih milih ngeblog kalau udah jenuh mikirin tugas. Tapi bukan berarti saya cuek dengan tugas kampus. Gimana pun ceritanya sekalipun saya emang rada-rada malas, saya pasti selalu usahakan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Walaupun jadinya sering kepepet waktu. Besok mau dikumpul, tengah malamnya baru dikerjain.

Ah, whatever lah!! Yang jelas saya tahu gimana cara belajar yang baik untuk saya pribadi. Dan saya pikir, gak semua yang ada di kampus itu nantinya akan dipakai di lapangan. Toh pada akhirnya kita dituntut untuk spontan selalu siap belajar kapan pun dan dimana pun. Bahkan bisa saja hal-hal yang kita jumpai nantinya sama sekali belum pernah kita jumpai di bangku pendidikan.

Jadi, paling penting sebenarnya adalah kemampuan kita untuk beradaptasi dan mengenali diri sendiri. Kalau udah gitu, kita bisa lebih siap untuk menghadapi segala macam tuntutan aneh yang ada di lingkungan kita. Semakin kita kenal dengan diri kita sendiri, maka tentu akan semakin mudah pula bagi kita dalam menentukan pola atau cara-cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan yang kita punya.

Bagaimana menurut Anda?

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *