Chaidir Search Engine Saingan Baru Google?

chaidir-search-engine-membuat-mesin-pencari-sendiri

Siapa coba yang tidak kenal Google ? Setiap orang yang bisa main internet saya yakin pasti dia pun udah gak asing lagi dengan mesin pencari yang satu ini. Padahal sebenarnya masih banyak mesin pencarian yang lain, tapi tetap aja setiap orang yang ingin bertanya sesuatu di dunia maya pasti akan mampirnya ke google.com.

Beberapa waktu lalu entah kenapa saya kepikiran untuk bisa memiliki sebuah mesin pencari sendiri. Agak aneh dan mungkin konyol juga. Sedangkan mesin pencari sekelas Bing saja masih belum bisa mengalahkan kepopuleran Google. Lah, saya yang masih belum ada apa-apanya kok sok-sokan bikin mesin pencari lainnya lagi.

Saya yakin Anda pun juga akan berpikiran sama, ketika saya beritahu bahwa saya saat ini sudah punya search engine sendiri. Coba kunjungi subdomain saya di bawah ini :

cari.chaidir.web.id

Jadi, sebenarnya saya membuat mesin pencari sederhana ini bukan niatnya untuk menyaingi Google. Saya tahu hal semacam itu sangat sulit pastinya. Ide membuat mesin pencari sendiri ini muncul dikarenakan saat ini saya ingin membangun beberapa blog sekaligus. Jumlahnya masih beberapa belum banyak. Tapi yang jelas lebih dari satu blog yang saya kelola.

Nah, masalahnya saat kita menggunakan fitur search yang ada di satu blog, hasil pencarian hanya akan menampilkan daftar artikel yang ada di blog satu itu saja. Kita gak bisa mengatur agar artikel dari blog kita yang lain juga ikut tampil pada hasil pencarian. Beda kalau kita punya mesin pencarian sendiri. Hasil pencarian bisa sekaligus menampilkan artikel-artikel dari beberapa blog sekaligus.

Kira-kira seperti itu latar belakang munculnya halaman pencarian Chaidir Search Engine ini.

Bagaimana Cara Kerja Search Engine

Banyak orang-orang yang kurang paham sehingga akhirnya mengira bahwa search engine seperti Google adalah sebuah situs penyedia konten artikel paling lengkap yang ada saat ini. Mereka gak tahu bahwa artikel yang ditampilkan disana bukanlah milik search engine.

Sebuah mesin pencari tidak pernah berpikir untuk membuat sebuah artikel sesuai dengan keyword yang diinginkan pengunjung. Dia hanyalah sebuah mesin. Yang dia tahu hanya melihat daftar artikel lalu menampilkan hasil sesuai kata kunci yang diketik pengunjung.

Lalu dari mana artikel-artikel tersebut muncul?

Iyaa dari blogger. Makanya saya pernah bilang bahwa mesin pencari sehebat Google pun tidak akan ada apa-apanya kalau misalkan blogger-blogger hebat tidak mengijinkan artikelnya untuk ditampilkan di situs mereka. Jadi kuncinya iyaa di blogger. Semakin banyak blog yang bersedia artikelnya dimunculkan di sebuah mesin pencari, maka mesin pencari tersebut pun akan semakin hebat.

Berikut ini saya akan beritahu konsep sederhana cara kerja sebuah mesin pencari :

  1. Search engine terlebih dahulu menyiapkan sebuah database.

    Sebagai tempat untuk menampung artikel-artikel yang jumlahnya tentu sangat banyak.

  2. Search engine memiliki sebuah robot crawler.

    Untuk menelusuri artikel-artikel yang ada di dunia maya lalu mengambil datanya untuk dimasukkan ke dalam database. Proses ini berjalan secara otomatis.

  3. Search engine membuat sebuah algoritma khusus.

    Gunanya untuk menjalankan mesin pencari dengan baik. Dari sini bisa dibuat beberapa perintah agar hasil yang ditampilkan nantinya bisa sangat relevan dengan yang diinginkan pengunjung.

  4. Search engine hanya menyediakan kotak pencarian.

    Dari sini pengujung mengetikkan keyword yang mau dicari. Datanya berupa input yang selanjutnya akan diproses secara cepat. Lalu hasil pun muncul.

Singkatnya begitulah proses yang dilakukan oleh sebuah mesin pencari.

Untuk mesin pencari yang saya buat hanya menggunakan teknik-teknik yang sederhana saja. Karna memang ilmu saya masih sedikit di bidang web programmer. Basic kemampuan saya sebenarnya di bidang web design saja. Jadi prinsip kerja mesin pencari saya sendiri agak berbeda dengan keempat point di atas.

Kelemahan yang paling utama adalah mesin pencari cari.chaidir.web.id masih belum memiliki robot crawler. Sehingga untuk membuat daftar list artikel ke dalam database, saya harus melakukannya secara manual. Saat tulisan ini saya buat, yang baru masuk hanyalah tulisan-tulisan dari blog saya sendiri. Prosesnya yaitu dengan cara mengubah sitemap blog ke dalam format XML yang sesuai dengan tabel database, baru kemudian di-import ke databse dari halaman phpmyadmin.

Ribet yaa? Hehehe..

Buat yang tertarik pengen tahu cara membuat mesin pencari sendiri, nanti akan saya buatkan tutorial lengkapnya di blog utama saya chaidir.web.id. Makanya kalian harus subscribe blog ini supaya gak ketinggalan informasi.

Cara Memasukkan Artikel Blog Anda ke Hasil Pencarian

Okay, jika Anda adalah seorang blogger Anda bisa memanfaatkan mesin pencari saya ini untuk mempromosikan Artikel yang Anda punya. Istilahnya submit artikel agar nantinya artikel dari blog Anda bisa ter-index oleh mesin pencari cari.chaidir.web.id. Berikut caranya :

  1. Buka halaman submit dari menu Add URL yang ada di bagian bawah. 

  2. Isi formulir yang tersedia dengan lengkap. 

  3. Kemudian klik tombol Add. Selesai! Artikel Anda sudah berhasil masuk di pencarian.

submit-artikel-add-url-chaidir-search-engine-SEO

Kembali ke pertanyaan judul postingan ini. Apakah Chaidir Search Engine bisa mengalahakan Google? Saat ini tentu jawabnya tidak. Tapi tidak tahu nanti kalau tiba-tiba ternyata google sudah sampai di akhir masa kejayaannya. Bisa saja disaat itu nanti mesin pencari saya sudah cukup tangguh dan hebat. Siapa tahu kan? Situs cari.chaidir.web.id bisa menjadi pengganti google.com di masa mendatang.

Sekian tulisan curhat hari ini. Semoga mesin pencari sederhana yang saya buat juga bisa bermanfaat buat Anda. Kalau ada masukan boleh tinggalkan lewat kotak komentar di bawah yaa.

Salam Semangat!!

13 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *