konsisten-menulis-blog

5 Cara Mudah Agar Konsisten Menulis Blog

Salah satu aktivitas wajib bagi seorang blogger adalah menulis artikel. Iyaa! Sebenarnya memang blogger kerjanya iyaa itu. Menulis sesuatu informasi yang bisa disajikan lewat blog. Informasi yang mau disampaikan bisa bermacam-macam. Tergantung dari topik blog yang dibuat.

Baiknya memang satu blog wajib hanya memiliki satu niche yang akan membahas satu macam topik khusus. Makanya bagi sahabat yang baru mau memulai, saya sarankan terlebih dahulu cari tahu dan kenali gaya ngeblog kalian seperti apa. Biar tujuannya jelas dan materi tulisan kita nantinya bisa lebih terarah.

Lalu, bagaimana caranya agar kita tetap bisa konsisten menulis di blog?

Nikmati Proses Menulis Blog

Banyak saya perhatikan blogger-blogger yang sebenarnya ia belum siap membangun sebuah blog. Kenapa? Karna banyak diantara mereka yang sangat malas kalau diminat untuk menulis artikel sendiri. Yang mereka tahu, blog harus memiliki trafik yang tinggi. Gimana pun caranya. Yang penting blog mereka bisa terkenal dan banyak yang mengunjungi.

Padahal esensi dari sebuah blog itu terletak di kontennya. Bukan seberapa tinggi trafiknya. Tidak ada orang yang tahu berapa pengunjung suatu blog selain kita sendiri selaku pemiliknya. Yang orang tahu hanyalah apa manfaat yang bisa diambil dari blog tersebut. Dan manfaat itu bisa diperoleh hanya dengan isi artikel yang ada di dalamnya.

Jadi, jika Sahabat memang seorang blogger menulislah. Usahakan untuk tidak menulis dengan cara copy paste dari tulisan milik orang lain. Buatlah karya kita sendiri. Toh kita pun sedang ingin membangun blog kita sendiri kan? Jadi iya nikmati saja lah prosesnya.

Memang benar menulis sebuah artikel blog itu pasti sulit. Paling enggak lumayan merepotkan. Tapi kalau kita memang mau membiasakan menulis sendiri, pasti lama kelamaan akan terasa menjadi lebih mudah. Seperti pepatah “Alah biasa karna biasa!”. Iyaa kan?

Coba saya tanya, sebenarnya apa tujuan menulis blog menurut Sahabat?

5 Tips Mudah Konsisten Menulis Blog

Sebelumnya saya juga sudah pernah beritahu Rahasia Menulis Konsisten Blogger yang sangat jitu untuk diterapkan. Yaitu dengan metode NEWS. Bagi yang belum tahu, silahkan baca-baca dulu artikel saya tersebut. Dan kali ini saya mau kasih tips tambahan. Yang saya rasa bisa sangat mudah untuk dipraktekkan. Khususnya bagi kita yang masih pemula.

  1. Menulis Seperti Update Status
    Punya Facebook? Coba hitung seberapa sering kita meng-update status di media sosial. Terkadang kita lupa bahwa membuat status itu juga sama dengan menulis. Kita punya ide, kita punya cerita yang mau disampaikan ke orang lain. Jadinya kita bisa menulis. Lalu kenapa gak coba aja mulai sekarang lebih sering update status lewat blog pribadi kita, gimana?
  2. Menulis Seperti Sedang Curhat
    Wajar setiap manusia pasti butuh orang lain. Saat kita bisa mencurahkan segala apa yang ada di hati pasti rasanya bisa lega kan? Bukan hanya ketika sedang ada masalah aja. Bahkan ketika saat-saat apapun yang kita alami, akan terasa sangat menyenangkan saat kita bisa berbagi pengalaman kepada orang lain. Nah, blog adalah salah satu medianya. Ceritakan saja apapun yang kita mau disana. Pasti menyenangkan.
  3. Menulis Seperti Ingin Membuat Buku
    Bedanya buku dengan blog itu cuman hanya satu. Buku dicetak sedang blog terpajang secara online. Intinya sama aja. Buku adalah media informasi yang bisa dibaca. Dan blog juga sumber bacaan yang bisa menyajikan informasi. Jaman sekarang ini bahkan orang-orang lebih sering mencari referensi menggunakan Google ketimbang perpustakaan. Suatu saat, mungkin blog yang kita buat bisa dijadikan sebuah buku.
  4. Menulis Seperti Mengerjakan Tugas
    Kenapa orang yang malas sekalipun tetap saja mau mengerjakan tugas? Bisa jadi karna ada dorongan dan paksaan dari lingkungan. Entah mungkin juga karna ada tujuan yang ingin kita capai. Misal seperti anak sekolahan yang pengen dapet nilai bagus di sekolah, jadinya mau gak mau dia harus ngerjain tugas PR yang diberikan gurunya. Anggap saja kita menulis di blog juga seperti sedang mengerjakan tugas. Tujuannya? Jawab sendiri masing-masing.
  5. Menulis Seperti Mengajar
    Blog bisa dijadikan sebagai media untuk berbagi ilmu. Sangat banyak orang yang gak sekolah formal sekalipun bisa memiliki keahlian tertentu hanya dengan belajar di dunia maya. Saya pribadi juga belajar blog tidak ada dari sekolah atau kampus. Saya malah banyak belajar langsung lewat searching dan jalan-jalan ke blog orang lain. Jadi, jika kita punya kemampuan tuliskan saja ilmu yang kita punya di blog. Biar orang lain bisa belajar dari blog kita.

lima-cara-mudah-agar-konsisten-menulis-blog

Saya sudah berikan cara paling mudah supaya Sahabat bisa konsisten menulis di blog. Dan kelima tips di atas adalah cara yang biasa saya gunakan sendiri. Saya sudah buktikan khasiatnya. Sekarang giliran kalian! Saya tantang Sahabat untuk bisa menulis artikel minimal 1 hari harus ada 1 tulisan terbaru.

Bagi Sahabat yang sudah mencoba kelima tips saya di atas, silahkan tinggalkan alamat blog Sahabat lewat kolom komentar di bawah tulisan ini. Saya pengen berkunjung. Mana tahu nanti kita bisa saling bertukar pikiran sesama blogger.

Sampai Jumpa!!

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *