typing-tricks

Inilah Cara Ampuh Supaya Bisa Lancar Mengetik 10 Jari

cara-cepat-lancar-mengetik-10-jari

Sekarang ini apa-apa kan udah serba main komputer. Mungkin ini karna dampak berkembangnya dunia internet kali yaa. Jadinya orang-orang pun sering mesti buka laptop atau komputer. Atau bisa juga karna dengan menggunakan perangkat seperti ini, kerjaan kita bisa diselesaikan dengan lebih mudah. Biasanya kalau mau buat surat mesti tulis tangan atau pakek mesin ketik. Sekarang udah bisa makek Microsoft Word lalu tinggal print.

Oke, ngomongin soal ketik-mengketik saya jadi pengen sedikit membahas topik yang satu ini. Karna saya yakin diantara kita kebanyakan pastinya udah pada ngerti lah kalau disuruh mainin komputer. Tapi kalau disuruh ngetik dengan komputer? Saya rasa masih banyak yang belum begitu mahir. Iyaa kan?

Kenapa kok bisa gak lancar ngetik pakek komputer?

Bisa jadi itu karna Anda seringnya cuman main laptop/komputer dengan mouse doang. Jarang makek keyboard. Jadinya iyaa gak terbiasa dengan urusan ketik mengketik. Bisa dikatakan iyaa cuman ini lah faktor utamanya. Mungkin sesekali tangan Anda juga nyentuh di keyboard. Tapi pas cuman mau buat status facebook doang. Hehehe..

Berikut cara yang sebenarnya sangat sederhana, tapi saya jamin mudah-mudahan bisa membuat Anda jadi lancar dan bisa mengetik cepat dengan 10 jari. Bahkan Anda pun bisa mengetik tanpa harus lagi melihat keyboard. Wiiih keren kan?

  1. Harus punya laptop sendiri

    Kalau cuman ngandalin rental komputer atau warnet saja, saya gak jamin Anda bisa lancar mengetik 10 jari. Karna memang pengalaman saya sih begitu. Dulu pas masih SMP saya rasanya pengen banget bisa belajar ngetik cepat. Saya sampe iri tiap liat teman saya yang udah kayak balapan kalau disuruh ngetik dari komputer. Saya udah usahain cara ini itu, tapi tetep aja gak berhasil. Rupanya iyaa bener. Setelah saya punya laptop sendiri baru lah saya bisa lebih jago.

  2. Biasakan mengetik dengan keyboard

    Kalau udah punya komputer sendiri, jangan lah cuman yang diliatin monitornya doang. Iyaa mesti dipakek juga tuh keyboard-nya. Sebenarnya Anda gak harus juga kok ngapalin dimana posisi letak-letak tiap karakter hurufnya. Cukup sekedar tahu aja. Pertama-tama iyaa memang perlu sambil ngetik sambil dilihat. Nantinya lama-kelamaan kalau kita udah terbiasa, pasti jadinya bisa hapal sendiri. Seolah-olah jari kita itu udah tahu tombol mana yang mau dipencet. Kejadian ini sama halnya seperti orang yang udah terbiasa ngetik SMS lewat Handphone.

  3. Sering-sering berlatih membuat tulisan

    Berikutnya setelah jari kita udah mulai terbiasa dengan tiap-tiap tombol yang ada di keyboard, kita juga mesti sering-sering latihan nulis. Supaya nantinya kita semakin terbiasa dan bisa mengetik tanpa harus lagi melihat keyboard sekalipun. Kunci utama dari kemampuan mengetik 10 jari tanpa melihat seperti ini adalah karna faktor kebiasaan. Kalau Anda seorang blogger, saya yakin kemampuan mengetik Anda sudah lebih jago. Rahasianya iyaa itu, rajin-rajinlah menulis dengan cara diketik.

Sekarang Anda sudah tahu gimana caranya supaya bisa punya kemampuan mengetik 10 jari dengan lancar, cepat dan tanpa melihat. Tapi iyaa kalau cuman sekedar tahu, gak mungkin bisa buat Anda langsung jadi jago ngetik. Supaya Anda bisa beneran jago iyaa harus dipraktekkan dulu. Iyaa kan?

Aplikasi Untuk Belajar Mengetik Cepat 10 Jari

Mungkin Anda tadinya berpikir bahwa saya akan memberikan semacam tools untuk latihan mengetik cepat. Seperti software Typing Master atau apalah itu namanya. Terus, kenapa saya gak referensikan aplikasi semacam itu kepada Anda?

Alasannya karna jujur saya pribadi pun gak jago ngetik dari aplikasi-aplikasi yang begituan. Justru saya bisa lancar mengetik dengan 10 jari cuman dari ketiga teknik yang saya ceritakan diatas. Istilahnya tumbuh secara alami. Gak pakek pupuk yang macam-macam.

Supaya Anda puas, okelah saya kasih referensi satu macam aplikasi yang bagus untuk Anda latihan. Coba gunakan saja Microsoft OneNote. Anda bisa pakai aplikasi itu persis seperti catatan harian. Atau apalah terserah Anda yang penting Anda harus sering-sering berlatih mengetik. Apa yang mau diketik? Cari aja ide apapun yang bisa dibuat jadi tulisan, entah cerita kek, puisi kek, catatan tugas kek atau apalah.

Gimana? Udah siap mencoba kan?

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *