7 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Di Perjalanan

Bagaimana jadinya ketika kita sedang berada di dalam perjalanan tapi rasa mengantuk tidak bisa tertahankan? Saya sangat sering mengalaminya. Dikarenakan jarak dari rumah ke kampus cukup jauh. Kalau naik sepeda motor dengan kecepatan standard rata-rata 70 km/jam perjalanan bisa ditempuh kurang lebih selama 50 menit. Berarti jaraknya sekitar 40 km.

Dan itu saya lalui setiap hari. Saya mulai berangkat dari pagi dan pulang siang hari. Kadang kalau lama sampai sore atau malam. Entah karna mungkin faktor kelelahan atau kurang tidur jadinya sering kali saat sedang berada di perjalanan saya merasa mengantuk. Mata terasa berat dan kadang-kadang bisa seperti tiba-tiba hilang konsentrasi. Semacam setengah tertidur atau apalah namanya.

tips-menghindari-mengantuk-saat-di-perjalanan

Tentu hal semacam ini sangat berbahaya, bukan? Iyaa jelas pasti berbahaya.

Saya aja sudah pernah tiga kali jatuh dari sepeda motor akibat mengantuk saat di perjalanan. Alhamdulillah saya masih selamat. Karna accident-nya tidak sampai melibatkan kendaraan lain. Cuman iyaa pastinya luka-luka juga. Yang jelas bahaya lah pokoknya. Kalau udah gini, nyawa taruhannya.

Penyebab Seseorang Mengantuk Saat Berkendara

Beberapa hal yang biasanya dapat memicu sesoerang jadi mudah mengantuk saat di perjalanan, diantaranya :

  1. Kurang tidur. Atau bisa juga karna kualitas tidur yang kurang sehat.
  2. Terlalu banyak pikiran. Sehingga membuat pikiran susah konsentrasi.
  3. Akibat kelelahan. Kurang istirahat karna banyak tugas dan kegiatan.
  4. Jarang olahraga. Peredaran oksigen ke seluruh tubuh jadi kurang baik.
  5. Kebanyakan mengkhayal. Pikiran pun jadi entah kemana-mana gak fokus.
  6. Perjalanan yang jauh. Terlalu lama berkendara tubuh bisa jadi cepat lelah.
  7. Bosan berkendara sendirian. Ga ada teman ngobrol.

Bagaimana dengan kalian? Apakah pernah mengalami kasus seperti ini? Kira-kira apa penyebab sehingga kalian jadi lebih mudah mengantuk saat di perjalanan?

Oke, karna kita sudah tahu penyebabnya apa maka kita pun seharusnya juga sudah bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan lebih mudah. Agar kita bisa terhindar dari bahaya atau kemungkinan kecelakaan yang tidak kita inginkan, maka kita harus bisa mencegah dan menghindari efek mengantuk saat berkendara ini. Bagaimana caranya?

Solusi Menghilangkan Rasa Mengantuk di Perjalanan

Berikut ini saya punya 7 tips mudah yang bisa kalian terapkan. Simak point-point di bawah ini :

  1. STOP aktifitas sesaat!
    Manfaatkanlah waktu sejenak untuk beristirahat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus menjalankan kegiatan selama satu harian. Sekalipun kita sedang dikejar oleh deadline, tetap saja istirahat juga penting. Terkadang karna saking asyiknya dengan tugas, kita jadi lupa waktu untuk mengistirahatkan badan.
  2. Tidur yang sempurna
    Yaitu dengan mengatur waktu tidur sebaik mungkin. Jika memang sudah waktunya tidur, iyaa tidur. Begadang bukanlah pilihan terbaik. Kalau bisa dihindari jauh lebih baik. Kemudian atur kondisi tidur senyaman mungkin. Jauhkan dari gadget, hindari lampu yang menyala terang, matikan suara-suara apapun disekitar tempat kita tidur. 
  3. Perbanyak minum mineral
    Gimana pun juga tubuh kita membutuhkan air mineral yang cukup untuk dapat beraktifitas dengan lancar. Terkadang aktifitas yang padat membuat kita jadi jarang minum. Sehingga tubuh pun jadi tidak segar. Kondisi tubuh yang bugar akan lebih menghindarkan kita dari rasa malas dan mudah mengantuk.
  4. Atur jadwal olahraga
    Sekiranya tidak bisa rutin setiap hari, minimal seminggu sekali kita harus tetap mengeluarkan keringat dengan berolahraga. Dengan begitu peredaran darah di tubuh kita bisa mengalir dengan lancar. Sehingga asupan oksigen maupun energi pun jadi mudah tersalurkan. Ingat! Di dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang sehat.
  5. Refresh diri dengan hiburan
    Saat kegiatan kita sangat padat, tentu otak kita pun akan terasa lebih mudah stress. Akibat kelelahan dan terlalu diporsir untuk berpikir. Jadinya tak heran ketika kita dalam perjalanan atau saat kita tidak sedang berkegiatan, mata menjadi mudah mengantuk. Sebaiknya kita juga meluangkan waktu untuk menangkan pikiran dan menghibur diri dengan kegiatan yang fun.
  6. Berhenti di perjalanan
    Ketika jarak yang kita tempuh itu jauh, baiknya kita tidak terlalu memaksakan diri untuk terus melanjutkan perjalanan hingga sampai di tujuan. Berhenti sejenak untuk istitrahat kan gak ada salahnya. Dengan berhenti sejenak kita bisa menghirup udara segar di sekitar dengan lebih baik.
  7. Ngemil di jalan
    Membawa jajanan atau makanan ringan untuk di perjalanan juga bagus. Sekiranya tubuh kita sudah memberi sinyal rasa mengantuk, baiknya kita berhenti di pinggiran jalan lalu makan jajanan. Bisa jadi energi kita sudah lowbat sehingga bawaannya pun jadi ngantuk aja di jalan.
Iyaapz, mungkin itu saja tips yang bisa saya berikan untuk sahabat. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Semoga kalian yang sering menempuh perjalanan jauh tidak mudah diserang rasa mengantuk. Dan semoga pula bisa selamat sampai di tujuan.
Salam Semangat!

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *